Sudah Luruskah Nasib Kita...!!!


Tidaklah hidupan terjadi pada kita secara acak [Tidak beraturan]. Melainkan, kita menentukan nasib-nasib kita sendiri melalui keputusan-keputusan yang kita buat.

Kita memutuskan apa yang hendak kita perhatikan dan apa yang kita abaikan, kapan kita bangun dan kapan kita tidur, mau seberapa keras bekerja dan seberapa banyak bermain, seberapa banyak menikmati saat itu, seberapa banyak menabung untuk esok hari, seberapa mau dibagikan kepada orang-orang lain, dan mana yang disimpan untuk diri sendiri, kapan bertahan dan kapan mengalah.

Saya menganggap watak itu sebuah program yang menentukan jenis-jenis pilihan apa yang akan kita buat dalam berbagai macam situasi. Watak terdiri atas bagian-bagian sifat dasar kita yang kita biarkan mengungkap diri [dan akibatnya juga, bagian-bagian yang kita tekan]. Watak itu dibentuk ketika kita diasuh waktu kecil, oleh pendidikan, kebudayaan, dan pengalaman kita.

Apakah Anda cenderung suka bekerja keras atau malas? Memperturutkan dorongan hati sesaat atau berhati-hati? Bercanda atau serius? Penuh belas kasihan atau keras hati? Menurut aturan resmi atau suka berimprovisasi? Galak atau Pendiam? Cepat mencapai kesimpulan atau lebih cenderung mempertimbangkan kembali suatu keputusan? Siap menerkam sebuah kesempatan atau dengan seksama mempelajari semua sudut-sudutnya? Puas dengan “secukupnya” atau senantiasa menginginkan “lebih banyak”? Mementingkan diri sendiri atau orang lain? Menyelesaikan sebelum waktunya atau menunggu sampai menit terakhir? Bersikap Introver [melihat ke dalam] atau Ekstrover

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Labels

Lorem Ipsum

Pongel Designer by pongel_keren@yahoo.com 2008

Back to Top