Pengertian Virus


Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses).

Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses). Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya,yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”.
ASAL MUASAL VIRUS
1949, John von Neumann, menggungkapkan ” teori self altering automata ” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika.
1960, Lab BELL (AT&T), para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh John von Neumann, dengan membuat suatu jenis permainan/game. Mereka membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain, akan dianggap sebagai pemenangnya.
KRITERIA VIRUS
Suatu program dapat disebut sebagai suatu virus apabila memenuhi minimal 5 kriteria berikut :
1. Kemampuan untuk mendapatkan informasi.
2. Kemampuan untuk memeriksa suatu file.
3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri.
4. Kemampuan melakukan manipulasi.
5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri.
Sekarang akan coba dijelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dari tiap-tiap kemampuan itu dan mengapa ini sangat diperlukan.Sekarang akan coba dijelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dari tiap-tiap kemampuan itu dan mengapa ini sangat diperlukan:
Kemampuan untuk mendapatkan informasi Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu directory. Untuk apa? Agar dia dapat memperoleh daftar file yang bisa dia tulari. Misalnya, virus makro yang akan menginfeksi semua file data MS Word, akan mencari daftar file berekstensi *.doc.
Kemampuan memeriksa suatu program Suatu virus juga harus bisa memeriksa suatu file yang akan ditulari, misalnya dia bertugas menulari program berekstensi *.doc, maka dia harus memeriksa apakah file dokumen tersebut telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah, akan percuma menularinya lagi.
Kemampuan untuk menggandakan diri Inti dari virus adalah kemampuan mengandakan diri dengan cara menulari file lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon korbannya maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya. Jika belum terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya penularan dengan cara menuliskan byte pengenal pada file tersebut, dan seterusnya mengcopikan/menulis kode objek virus diatas file sasaran. Beberapa cara umum yang dilakukan oleh virus untuk menulari/menggandakan dirinya adalah :File yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. Kemudian diciptakan suatu file berisi program virus itu sendiri menggunakan nama file yang asli.Program virus yang sudah dieksekusi/load ke memori akan langsung menulari file-file lain dengan cara menumpangi seluruh file yang ada.
Kemampuan mengadakan manipulasi, Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file. Isi dari suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang melakukan perusakan. Rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi file atau pun mempopulerkan pembuatnya. Rutin ini memanfaatkan kemampuan dari suatu sistem operasi (Operating System), sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi. Misal :
• Membuat gambar atau pesan pada monitor.
• Mengganti/mengubah-ubah label dari tiap file, direktori, atau label dari drive di PC.
• Memanipulasi file yang ditulari.
• Merusak file.
• Mengacaukan kerja printer, dsb.
Kemampuan Menyembunyikan diri, Kemampuan menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana.Langkah langkah yang biasa dilakukan adalah:
• Program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai.
• Program virus diletakkan pada Boot Record atau track pada disk yang jarang diperhatikan oleh komputer itu sendiri.
• Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak terlalu berubah ukurannya.
Virus tidak mengubah keterangan/informasi waktu suatu file dll.
SIKLUS HIDUP VIRUS
Siklus hidup virus secara umum, melalui 4 tahap:
Dormant phase ( Fase Istirahat/Tidur ), Pada fase ini virus tidaklah aktif. Virus akan diaktifkan oleh suatu kondisi tertentu, semisal: tanggal yang ditentukan, kehadiran program lain/dieksekusinya program lain, dsb. Tidak semua virus melalui fase ini.
Propagation phase ( Fase Penyebaran ), Pada fase ini virus akan mengkopikan dirinya kepada suatu program atau ke suatu tempat dari media storage (baik hardisk, RAM dsb). Setiap program yang terinfeksi akan menjadi hasil “kloning” virus tersebut (tergantung cara virus tersebut menginfeksinya).
Trigerring phase ( Fase Aktif ), Di fase ini virus tersebut akan aktif dan hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi seperti pada Dormant Phase.
Execution phase ( Fase Eksekusi ), Pada fase inilah virus yang telah aktif tadi akan melakukan fungsinya. Seperti menghapus file, menampilkan pesan-pesan, dsb.
JENIS – JENIS VIRUS
Jenis-jenis virus yang sering berkeliaran di masyarakat umum.
Virus Makro, Jenis virus ini pasti sudah sangat sering kita dengar. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh jika pada komputer mac dijalankan aplikasi Word, maka virus makro yang dibuat dari bahasa makro Word dapat bekerja pada komputer bersistem operasi Mac ini.Contoh virus:

Armora 13
Nama ini saya ambil dari properties dari virus ini, krn tiap antivirus berbeda-beda dlm menamakannya. Virus ini tidak terlalu berbahaya tetapi cukup cepat penyebarannya. Norman menamakan virri ini W32/Amor.A@mm, dari namanya sudah tau khan kenapa cepat menyebar he...2x. Tapi virus ini tidak kreatif krn hanya meniru rontokbro yg lebih dulu terkenal (kayak romdil aja luu...!) Besar file : 50 KB.

Flu Burung.B
Virri yg satu ini cukup cerdas melakukan rekayasa sosial, sebagian besar pengguna komputer banyak yg tidak tau kalo PC-nya telah terinfeksi. Saya dapatkan dari Labkom 1FMIPA hii...33x, dan sampai sekarang masih setia menginfeksi kompie disana. Hati-hati bila membuka file word ... Besar file : 51 KB.

Code X
Virus ini akan menampilkan animasi kartun pd kompie yg terinfeksi, lucu khan? mau coba???. "CodeX" => "XCode" apakah ada hubungannya dengan yogyafree yaa...up's!~. Virus ini adalah CodeX versi D.

Decoil
Virus ini sudah menggeser rontokbro dari no.1 daftar virus terbanyak korbannya (menurut vaksincom), sampai bulan ini. Icon dari virus yg satu ini selalu berubah sehingga pengguna yg hati-hati pun bisa terkecoh (me too :-] ). Di dalamnya terdapat virus decoil dengan beberapa icon, selamat mencoba.
Besar file : 464 KB.

Romantic Devils
Semester yg lalu virus ini merajalela di mana-mana, dan cukup merepotkan. Salut buat dr.Pluto... gimana nich kok virus yg baru (FluIkan) tak sehebat romdil yaa...
Besar file : 47 KB.

Shur.A
Virus ini tidak berbahaya tapi tetap saja namanya virus..., virus ini akan mengopykan dirinya di setiap folder dan subfolder. Memang virus ini tidak memblok fungsi windows sich... so terserah Anda.. coba saja!

Suspicius M.geb
Dalam daftar virus populer versi vaksincom virus ini termasuk dalam 5 besar urutan korban terbanyak, nama ini mungkin berbeda untuk tiap-tiap antivirus, seperti PCMAV yang memasukkan virus ini sebagai keluarga brontok dengan nama "brontok-14.E".
Besar file : 33 KB.

Suspicius & Pinfi
Loh kok ada dua virus yaa.. saya sendiri juga bingung. Mungkinkah ada virus yang terinfeksi virus???. Ato mungkin memang dibuat dua virus dalam satu file!. Entahlah... yang jelas Antivirus saya (Norman gratisan) mendeteksi 2 virus ini dan virus ini saya dapatkan dari warnet yang baru saja buka di belakang kampus. Besar file : 203 KB.

Aksika D
Properties virus tersebut DoDoL, tapi pcmav mendeteksi virus ini sebagai virus aksika.d. Maksudnya apa yaa..pembuat virus ini kok namanya aneh-aneh....

Harpot

Nama virus harpot saya peroleh dari PCMAV dengan icon folder, mau coba!. Thank's Pc Media. Besar file : 286 KB.

Riyani Jangkaru
Virus kawakan ini saya dapatkan dari komputer temen saya, kok masih ada virus ini yaa... kirain sudah punah. Besar file : 73 KB.

Redlof.N
Redlof adalah virus yang cukup lama bertahan, bahkan saya sering sekali mendapatkan virus ini dari warnet, temen, ataupun di lab kampus. Walaupun banyak antivirus yang sudah mampu mendeteksi tapi tetap saja virus ini masih bertahan sampai detik ini.

MMI
Hati hati. Virus ini akan menghancurkan file office Anda dan file *.jpg (Foto Anda dengan pacar temen Anda bisa hilang...loh kokk???). Sebaiknya nggak usah coba-coba dengan virus ini, kecuali Anda ingin laporan TA Anda yang Anda ketik selama berhari-hari hilang (Biar jadi alasan ganti tema hii..31x). File induk pada c:/windows dengan icon aplikasi dos sehingga sama dengan aplikasi lain pada windows. PCMAV mengenali virus ini sebagai virus nahital. Besar file : 176 KB.

MTH
Gue dapet virus ini dari temenkoe. Pembuatnya mungkin tidak profesional karena icon yg digunakan adalah default dari visual basic :P~. Sudah pake vb (ingat sama file dll-nya vb?), amatiran lagi..Sorry virus Anda cuman coba-coba yaa. Besar file : 7 KB.

Moonlight-B.C
Virus ini seperti virus-virus lokal lainnya yang menggunakan icon folder dan tentu dengan *.exe akan tetapi juga *.scr, contoh yang *.scr bisa di download di sana. Semua folder akan di "superhidden" tidak dihapus. Banyak yang mengira filenya telah "hilang", padahal virus ini lumayan 'baik' karena tidak menghapus file. Semoga bermanfaat!kwkwkwk....

copyA
Virus copyA yang baru saja saya dapatkan dari labkom4 di kampus he he 33x. Entah dampaknya apa, ku tak tahu. Besar file : 25 KB.

myztx
"MyzTx Design And Creation Lab". Itu mungkin nama pembuatnya. Virri yg satu ini cukup berbahaya karena akan membuat drive C menjadi full sehingga windows Anda akan merasa seperti naik gunung dg sepeda, wow~. Besar file : 51 KB.

aksika.B
Jika pada halaman 3 ada aksika.D maka disini ada varian lainnya yaitu aksika.B.

ANF
Virus yang satu ini memakai icon Microsoft Office Word Xp, vaksincom menamakan virus ini sebagai virus Fawn. Tampaknya sang pembuat virus ini sedang fallin' in love (ciee...), karena dalam propertiesnya terdapat tulisan yang menyatakan virus ini ditujukan untuk yayanknya. Romantis juga yaa. Besar file : 11 KB.

B4T0Nk
Virus yang digunakan untuk numpang nampang nama pembuat virus yaitu B$T0Nk. Nggak laku mungkin yaa..., sang pembuat virus ini?. Besar file : 39 KB.


New Aksika
Jika virus aksika pada halaman 3 dan 6 telah diketahui namanya, maka virus aksika yang ini saya tidak tahu nama versi terbarunya apa!. Ada beberapa virus aksika di situ.
Fucking Love
Dari nama ini mungkin sang pembuat virus baru saja dikecewakan oleh pacarnya (sekarang mantan) hi..hii.. Mbok kalo ngasih nama itu yang sopan to, masak "fuck"???u???. Besar file : 31 KB.

BlackMall
Virri yg aneh, "Black Mall" itu nama mall ya.. keren pastinya. Black Mall memakai icon shorcut ms ms dos, dengan extensi *.pif. Besar file : 1 KB.


Brontok-9
Virus brontok varian ke 9 (mungkin). sekarang dah ada berapa variannya?..capek dehh...!!!.

Brontok-10.B

Karena banyaknya varian brontok (rontokbro/ mybro) sehingga antivirus juga membingungkan dalam pemberian nama varian virus tersebur. Ciri utama virus brontok untuk semua varian adalah menggunakan icon folder default windows xp. Norman menamakan virus ini Rontokbro.K. Besar file : 32 KB.

Mybro.V@mm
Virus yang satu ini juga termasuk virus brontok, menurut pcmav virus ini bernama Brontok-22.Mybro.A. Besar file : 62 KB.

EGO
Ego ini menggunakan icon notepad dan tentu saja dengan extensi *.exe. Sekilas file itu terlihat "seolah-olah" berkapasitas 1 KB padahal besar file tersebut adalah 328 KB, mungkin itu bertujuan agar dikira benar-benar file text yang biasanya berkapasitas kecil.

Hallo Roro
Inilah virus yang paling berkesan bagi saya karena virus ini adalah virus yang pertama saya kenal (baca: menginfeksi PC saya), dan virus ini juga yang menyebabkan saya ingin mempelajari atau paling tidak mencegah pc saya agar tidak terinfeksi lagi. Antiroro juga saya sediakan dan dapat didownload di http:rossee.100webspace.net/rose download/rose aplikasi3.php. Besar file : 1 KB.

Brontok-Sensasi.B
Rontokbro.BS@mm, itu menurut Norman . "@mm"... wow... banyak sekali brontok yang bertipe seperti itu. Besar file : 25 KB.

ITZ
Itz akhir-akhir ini cukup banyak memakan korban (saya juga belom makan he..he..33x), Norman menyebutnya sebagai W32/Delf.AFX.

Agent.GOL
"GOOOL", emangnye maen bole. Ini ma virus Agent.GOL, walaupun menyatakan bahwa dirinya bukan virus. Sang pembuat virus mungkin seorang keeper sebuah SSB yang setiap waktu selalu kebobolan (maaf!). Besar file : 66 KB.

Lovgate.AB@mm
Lagi-lagi "@mm". Atau ada juga yang menamakan virus ini sebagai luvgate (sama aza ya.. he..). Besar file : 121 KB.

MLHR
Virus ini katanya dari yol (properties), bagi yang percaya. Norman mendeteksinya sebagai Rdesh.A.

Small.JB
Virus dengan icon media player, biasanya file virus bernama Pecahkan Saja Gelasnya (emangnya gelas siapa sich!). Besar file : 46 KB.

Plexus.B
Virus apa lagi nich... capek deeh.... plexus memakai icon winzip. Besar file : 38 KB.

Provisioning
Sama seperti virus lokal yang gemar sekali memakai icon folder, tapi sayang...foldernya jelek.
Renova
Virus baru nich. wkwkkwkw???.
Besar file : 23 KB.

Soraci
Seperti halnya redlof, virri ini juga *.htt, ada beberapa virus disitu. Besar file : 12 KB.

Kill.AV
Dari namanya sudah tahu khan kenapa kok namanya killav, virus dari solo ini lumayan berbahaya ('cause killing av). Hati-hati bila mendapatkan file dengan icon winzip.
Rontokbro.F@mm
Kok banyak sekali sich virus rontokbronya?, biarin aja lah. Besar file : 30 KB.

Rontokbro.CX@mm
Maaf bang Brontok mau lewat lagi. Besar file : 35 KB.

Rontokbro.T
Virus brontok varian T (mungkin). sekarang dah ada berapa variannya?..capek dehh...!!!.

Sherry
Virus sherry... Vindika Anastasya. Virus ini dengan icon *.pdf, Disebarkan oleh penipu yg mengaku menyediakan tutorial hacking yg di winzip. Tapi setelah di extrak yg ada adalah file virus. Harap hati-hati!. Besar file : 36 KB.

Brontok.msg
Nama itu menurut deteksi pcmav, banyaknya varian virus brontok sering kali membuat saya bingung!???!. Besar file : 1 KB.

Leena.A
Virus ini menyerang file word Anda, sehingga file word tidak bisa dibuka/ diakses!.

Aksis.F
Virus ini merupakan virus aksika varian F, yang akhir-akhir ini cukup nanyak menyebar. Dengan icon folder virus menyebar, saya sendiri belum tahu dampak dari virus ini, ada yg mau coba?. Besar file : 26 KB.

ZCrot.A
Dengan icon intenet explorer. "Deface" cRotZ Company Ruddoc. he he bukan virus yaa, yg jelas norman mendeteksinya sebagai ZCrot.A. Besar file : 203 KB.

Dialer.AXWP
Content Access Plugin, dengan icon seperti internet explorer tetapi hurufnya bukan e akan tetapi c. Norman juga mengenalnya sebagai Dialer.AXWP, saya juga tidak tahu kenapa norman memasukkannya dalam list virus.

Rontokbro.LA
Senyummu gerakan senyumku. Sedihmu mengiris hatiku. Bukan virus Rontokbro namanya jika tidak melakukan sesuatu yg mengejutkan. Doeloe saya pernah mengatakan bahwa jika ada virus di flashdisk, maka kita boleh mendeletenya jika pc belom terinfeksi. Tapi Rontokbro.LA telah membantahnya dengan telak. Kini virus ini dengan bantuan file "Desktop.ini" & "Folder.htt" mampu menjalankan dirinya sendiri dari usb flashdisk tanpa kita klik, sebuah pemikiran yg cerdas. Tapi sayang virus ini masih dibuat dengan Visual Basic. Binggo!. Besar file : 25 KB.

Source:Cintaku.A, Extacy&ZeroHunt, VBS
Virus source code ini saya dapatkan dari yogyafree dan jasakom, maaf bila dah ada yg poenya!. Untuk source code virus yg lebih lengkap bisa dicari di webnya mas kangtatantakwa, he he.... Besar file : 80 KB.

Brontok Terbaru
http://h1.ripway.com/syur, apakah Anda tau isi dari web tersebut? didalamnya tentu saja ada beberapa file yg Anda "inginkan". Tapi harap hati-hati ada virus brontok terbaru disitu (Jasakom, Kresna PS). Menurut Kresna PS virus itu mirip Rontokbro.LA krn bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa kita klik dari usb flash disk.

Shuriken new variant
Masih ingat dengan virus Shuriken3 atau oleh vaksincom dikenal sebagai Shur.A?, virus yg satu ini hanya "sedikit" memodifikasi virus tsb. Karena dampaknya sama aja. Knapa saya bilang baru? Karena AV Norman saya sudah tdk dpt mendeteksinya, padahal virus Shur.A yg dulu masih terdeteksi. But pake "The Killer Machine" masih ampuh kok!, & PCMAV RC14 masih mendeteksinya sebagai shuriken. Mungkin sang pembuat virus ini "lupa" mengenkripsi, sehingga jeroannya "sedikit" bisa diliat. Virus dibuat oleh (maaf) Bagus Supartono. Virus ini dibuat di komputernya di "Document and Settings\Bagus S\My Documents\MY SYURIKEN 3\SYURIKEN 3\Project1.vbp", ternyata masih dibuat dg VB. Besar file : 35 KB.

Zulanick
Namanya kedengaran aneh ya? Tapi sebenarnya tidak, karena virus ini rupanya dibuat oleh seseorang dengan nama "Zul" dan ditujukan kepada seseorang juga (untung bukan monyet) dengan nama "anick". Nah kalo kedua nama itu digabung maka jadi "Zulanick", masuk akal khan knapa namanya Zulanick? Efek dari virus ini (yang saya ketauhi) antara lain membuat shortcut dengan nama "Cintaku kandas ditengah jalan.lnk", yang tentu anda tau kalo diklik knapa!. Nama dari virus ini saya ketahui setelah di Scan dg PCMAV. Besar file : 180 KB.

SourceCodeVirus 4K51K4
Pelatihan Pembuatan Virus 4K51K4 dari ?The Black VB?, DNA [eXTR!M] Memori Club. Harap dipergunakan secara bijak untuk pembelajaran & pengetahuan kita akan virus komputer yg semakin meratulela! Dengan mengetahuinya diharapkan kita tdk takut lagi dengan virus2 yg menyebar saat ini. Go Coder Indonesia .


Virus File/Program, Virus ini menginfeksi file-file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE, maupun *.COM biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.Multi Partition Virus, Virus ini merupakan gabungan dari virus boot sector dan virus file. Artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.Virus layaknya virus biologi harus memiliki media untuk dapat menyebar, virus komputer dapat menyebar ke berbagai komputer/mesin lainnya juga melalui berbagai media, diantaranya:
• Disket, media storage R/W.
• Jaringan ( LAN, WAN,dsb).
• WWW (internet).
• Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan.
• Attachment pada email, transfering file.
PENANGULANGANNYA
Langkah-Langkah untuk Pencegahan Untuk pencegahan anda dapat melakukan beberapa langkah-langkah berikut :
• Gunakan antivirus yang anda percayai dengan update terbaru. Tidak perduli apapun merknya asalkan selalu diupdate, dan auto-protect dinyalakan maka komputer anda terlindungi.
• Selalu scanning semua media penyimpanan eksternal yang akan digunakan, mungkin hal ini agak merepotkan tetapi jika auto-protect antivirus anda bekerja maka prosedur ini dapat dilewatkan.
• Jika anda terhubung langsung ke Internet cobalah untuk mengkombinasikan antivirus anda dengan Firewall, Anti-spamming dsb.
• Selalu waspada terhadap fle-file yang mencurigakan, contoh : file dengan 2 buah exstension atau file executable yang terlihat mencurigakan.
Untuk software freeware + shareware, ada baiknya anda mengambilnya dari situs resminya.Semampunya hindari membeli barang bajakan, gunakan software-software open source.
Langkah-Langkah Apabila telah Terinfeksi Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah di disket, jaringan, email dsb. Jika anda terhubung ke jaringan maka ada baiknya anda mengisolasi komputer anda dulu (baik dengan melepas kabel atau mendisable sambungan internet dari control panel).
Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus apa yang menyerang pc anda, dengan cara:
• Gejala yang timbul, misal : pesan, file yang corrupt atau hilang dsb.
• Scan dengan antivirus anda, jika anda terkena saat auto-protect berjalan berarti virus definition di dalam komputer anda tidak memiliki data virus ini, cobalah update secara manual atau mendownload virus definitionnya untuk kemudian anda install. Jika virus tersebut memblok usaha anda untuk mengupdate, maka upayakan untuk menggunakan media lain (komputer) dengan antivirus yang memiliki update terbaru.
• Bersihkan virus tersebut. Setelah anda berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs-situs yang memberikan informasi perkembangan virus tersebut. Hal ini perlu dilakukan apabila antivirus dengan update terbaru anda tidak berhasil memusnahkannya.
• Langkah terburuk. Jika semua hal diatas tidak berhasil adalah memformat ulang komputer anda .

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Labels

Lorem Ipsum

Pongel Designer by pongel_keren@yahoo.com 2008

Back to Top