MMC "The Disk Is Write Protected"

Suatu hari teman ku dapat masalah dengan PDA, sebelum ganti PDA lain dia gak pernah ada masalah tapi sewaktu2 ganti PDA dan mau di format ulang tuh MMC Eh ternyata ga bisa malah keluar tulisan “the disk is write protected”

Aku udah coba keluarkan jurus yang ku bisa, tapi gw tetep gak bisa nemuin, kenapa dia bisa write protected, dimana aku gak pernah protect2 tuh MMC, aku mau format ulang via PC gak bisa.

Aku coba format ulang pake hape Nokia, bisa berhasil, tapi begitu masuk PC, tetep ada tulisan "write protected" jadi aku gak bisa pindahin data dari PC ke MMC sial itu.


Solusi
Aku udah nemu caranya... hahahaaaa... ternyata simple sekaliiii

Kalo caranya menggunakan software atau dos prompt, rasanya hampir mustahil, karena ternyata punya ternyata, card reader yang normally dijual itu cuman ngebacanya via pin atas dari MMC Mobile.

Terlihat di bawah MMC mobile ada dua baris pin transistor, yang atas (yang kebaca ama card reader) dan yang bawah (hanya digunakan oleh High-Speed Device)

Nah setelah gw perhati2in dan gw bandingin ama SD Card punya pin, itu kurang lebih sama, cuman bedanya kalo di SD Card, bagian sampingnya ada switch untuk proteksi.

Trus gw pelajari skema teknis proteksinya.

Akhirnya gw akalin si MMC Mobile itu, gw selotip Pin bagian paling kiri dan paling kanan dengan scotch tape (harus selotip yang TIDAK transparan), Nah dengan gitu, si MMC Mobile terbaca sebagai Flash Card yang tidak terproteksi = SD Card yang switch locknya di keatasin.

Sow buat temen2 yang ada masalah spt ini, solusinya gampang!
Tinggal di selotip aja pin transistor bagian paling kiri dan kanannya.
(untuk lebih jelasnya nanti gw foto... maap digicamnya blon di cas)

Masalah spt ini TIDAK akan terjadi pada MMC biasa, cenderung terjadi pada:
- MMC Mobile
- MMC Dual-Voltage
- MMC High-Speed

Pemasangan selotip itu, TIDAK akan mempengaruhi kinerja dan kapasitas dari si MMC Mobile tsb (udah gw test dan gw benchmark di PDA, Hape Nokia dan PC) gambar di bawah

Gambar Sebelum di Solatip




Gambar Sesudah di Solatip



Tambahan: (hanya untuk re-formating)
Setelah pemasangan selotip, lakukan re-format, tapi jangan Quick format, melaikan lakukan Low-Level Formating, yang sebelumnya kalo bisa, lakukan File system wipe.

Kenapa harus file system wipe?
Karena masalah diatas bisa terjadi, karena MMC Mobile tsb menyimpan registry proteksi.
Buat yang gak ngerti pake "regedit" cara gampangnya adalah di format ulang.
Udah pasti data ilang semua ^_^

Nah buat yang ngerti pake "regedit"
Silahkan masuk ke program tersebut dan cari deh StorageDevicePolicies dan value nya di set jadi 00... Voila.. Problem solved...


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=888151

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Labels

Lorem Ipsum

SocialTwist Tell-a-Friend

Pongel Designer by pongel_keren@yahoo.com 2008

Back to Top